Wednesday 13 March 2013

Mutiara Tersembunyi di Selatan Malang

Pantai Sendang Biru - Malang
Bagi saya, jalan-jalan dalam rangka liburan tidak harus selalu mengeluarkan banyak biaya. Liburan asyik juga tidak harus selalu ke luar negri. 

Dan, dengan menjelajah negri sendiri kita pun juga dapat semakin bersyukur pada Allaah subhaanahu wata'ala atas nikmat yang telah Allaah limpahkan pada negeri kita tercinta ini, Indonesia.. ^^

Perjalanan liburan yang saya tulis kali ini sebenarnya adalah perjalanan yang telah saya lakukan di bulan September tahun 2012 lalu. Dan saya baru sempat menuliskannya sekarang setelah banyak teman-teman saya yang menagih pada saya untuk menuliskan bagaimana rute untuk kesana dan tentang keindahan-keindahannya. Walau saya telah jelaskan pada mereka bahwa saya tidak pandai merangkai kata. Tapi baiklah, saya akan mencoba untuk menjabarkannya semampu saya :p (-tertawa lah sepuasmu membaca tulisan saya yang ala kadarnya ini)

Sebelumnya saya belum pernah mendengar nama tempat ini walau saya tinggal di Malang. Berawal dari berkirim pesan dengan sahabat saya melalui sns yang membahas tentang rencana kepulangan saya ke kota Malang, waktu itu dia bertanya :
"Did you ever heard about Sendang biru beach in South Malang ?" 
Karena saya sendiri belum pernah mendengar nama pantai tersebut akhirnya saya mencari informasi tentang Pantai Sendangbiru di google. Setelah mendapat banyak informasi tentang tempat ini dan terpesona akan keindahan yang saya lihat dari foto dan ulasan-ulasan yang saya dapat, saya putuskan liburan kala itu saya akan berkunjung ke pantai Sendangbiru dan pulau Sempu yang letaknya berseberangan dengan pantai sendang biru. 

Dari Jakarta, banyak transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju kota Malang, bisa dengan bus, kereta api, atau pesawat. Baik dengan bus, kereta atau pesawat bisa langsung menuju Malang tanpa harus transit. Bagi yang ingin menggunakan pesawat, kalian bisa menghemat biaya dengan mengambil rute Jakarta-Surabaya, karena biaya pesawat Jakarta-Malang rata-rata masih mahal menurut saya :p. 
Dari Surabaya bisa dilanjutkan menuju Malang dengan menggunakan bus dari terminal Purabaya sekitar 2-2,5 jam perjalanan.

Dan untuk kalian yang mau ke pantai Sendang biru dengan kendaraan pribadi, kalian tinggal ambil jurusan ke arah Turen dari Malang dan nanti tinggal mengikuti rambu menuju Pantai sendang biru. Untuk yang menggunakan kendaraan umum, rutenya ga jauh beda, dari terminal arjosari atau landungsari kalian harus menuju terminal gadang. Disana sudah banyak abang-abang yang biasanya menanyakan kemana kita pergi, bilang aja mau ke sendang biru. Nanti akan diantar ke bus yang menuju Turen kemudian dilanjut dengan angkutan menuju sendang biru (saya lupa apa nama jenis angkutan tersebut). Waktu itu kami membayar 150 ribu untuk biaya angkutan ini pulang pergi (tergantung kepandaian kalian dalam menawar) :D. Karena di jam-jam tertentu sudah tidak ada angkutan, jadi kami menyewa angkutan tersebut untuk kembali menjemput kami di sendang biru sesuai jam yang telah disepakati.
Satu hal yang saya suka dari warga Malang adalah keramahan mereka. Selama saya menggunakan angkutan umum mereka sangat membantu.

Oh iya,  liburan ke Pantai Sendangbiru waktu itu saya ditemani 2 sahabat saya ^^ (haii saya merindukan kalian..)
Waktu itu kami memilih versi  ala backpacker dari Malang menuju Pantai Sendangbiru.
Namun, setelah mengetahui medan menuju pantai sendang biru sangat melelahkan dan sangat jauh mungkin saya tidak akan kesana ala backpacker lagi. 
Tapi, tak dapat dipungkiri versi backpacker juga menyenangkan bagi saya, tapi, cukup sekali saja lah lol
Untuk yang membawa kendaraan sendiri, berhati-hati saat menuju kesana, karena medannya cukup mendebarkan -bagi saya-. 
Sepanjang jalan menuju sendangbiru sudah mulus beraspal, jadi asik sajalah sebenarnya, tapi waktu itu ada sedikit perbaikan jalan jadi kurang merasa nyaman.

Sepanjang perjalanan menuju Sendang biru kami disuguhi banyak panorama cantik, tapi kala itu saya tidak terlalu memperhatikan sekitar karena saya sudah terlalu lelah. Tapi 1 sahabat saya sepertinya sangat menikmati setiap inch dari panorama sepanjang jalan, tak jarang kamera nya terus memotret apa yang dirasa dia menarik :D hehehe

inilah deretan gambar yang dia ambil :D:p

Sekitar 2 jam lebih dari Turen akhirnya kami sampai di Pantai sendangbiru. Setelah cukup bosan dan lelah didalam angkutan, pak supir tiba-tiba berkata :
"Kita sudah sampai, itu pantainya.." sambil memberi isyarat pantai ada disebelah kiri.
Wooww, tidak bisa saya tuliskan bagaimana ekspresi dan girang nya kami saat itu. Air laut yang biru dan panorama yang indah menyambut kedatangan kami. Maa shaa' Allaah.
-ga nyangka ada pantai seindah ini di Malang-

Ya, kami tak sempat mengabadikan gambar laut yang kami lihat dipinggir jalan karena kami terlalu takjub dan terlena akan keindahannya. Sangat memukau.........


Maa sha' Allaah

Pantai sendangbiru sendiri biasanya dijadikan 'pintu masuk' ke Pulau Sempu.

Keelokan pantai sendang biru
Nama Sendang Biru berasal dari bahasa Jawa, yaitu yang berarti sumber air yang berwarna biru. Ya, pantai ini memang di anugerahi air laut yang biru dan sangat jernih. Pantai Sendang Biru berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. Pantai ini persis terletak di seberang Pulau Sempu. Oleh karena itu, pantai ini digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan kecantikannya. Selain digunakan sebagai 'jembatan' ke Pulau Sempu, Pantai Sendang Biru juga menjadi tempat pusat pelelangan ikan di Kota Malang. Walau begitu, objek wisata ini jauh dari kata kotor. Pemandangan di Pantai Sendang Biru sangat apik. Pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang biru jernih berkolaborasi menjadi pemandangan yang indah. Belum lagi warna-warni kapal nelayan yang terparkir rapi di tepi pantai. Nah, kapal tersebut ternyata tidak hanya digunakan nelayan sebagai transportasi mencari ikan saja. Namun juga disewakan untuk wisatawan. Kamu bisa menyewa kapal tersebut untuk berkeliling di sekitar pantai. Biaya yang dipatok tidak terlalu mahal, hanya Rp 100.000/kapal untuk pulang-pergi dari sendang biru ke pulau sempu. 
(Sumber : detikTravel)

Setiba kami di pantai sendang biru, kamera kami langsung membidik keindahan pantai sendang biru. Seperti kumpulan orang yang baru pertama kali melihat laut, tapi, iya, ini adalah pantai pertama yang memukau hati kami. ^^






Dan setelah itu kami segera menyewa kapal untuk menuju pulau sempu. Tapi sebelumnya kami juga membayar retribusi, yang saya juga lupa berapa nominalnya :p tapi sangat sangat murah menurut saya dan 2 sahabat saya. :p

Sebelum kami memutuskan untuk menyeberangi pantai sendang biru menuju pulau Sempu salah seorang sahabat saya tidak mau diajak untuk naik kapal, karena dia takut :p, bukan, dia bukan takut tenggelam, karena sahabat saya ini jago banget berenang, tidak lain tidak bukan dia merasa ngeri terombang ambing gelombang laut, kami berdua mencoba membujuknya dan dia memperlihatkan wajah yang sedang mempertimbangkan segala sesuatu, dan dengan mata penuh harap :p saya berkata "ayolaah cinnn, cuma sebentar aja naik kapalnya, itu pulaunya sudah kelihatan."

Dan, hurraayy, dia setuju dengan segala keterpakasaannya :p, ( mungkin tidak tega juga dengan rengekan saya :p )
Kami kemudian menyewa sebuah kapal menuju Pulau Sempu <3 dengan biaya 100rb. Biayanya dipatok perkapal, bukan perkepala.

Sungguh !! Segala lelah, penat dan bosan selama perjalanan terkikis setelah melihat keindahan panorama laut yang terhampar di depan mata. Memang betul lah, segala sesuatu yang indah itu tidak didapat dengan mudah ^^

Kapal hanya mengantar kami sampai di bibir pulau sempu, setelah itu kapal akan kembali ke pantai sendang biru, tapi jangan khawatir ^^ abang pengemudi kapal memberi kita nomer ponselnya nya agar bisa memberi tahu kapan kita ingin dijemput pulang.
Sebenarnya pulau Sempu ini adalah wilayah cagar alam, di dalam pulau sempu terdapat segara anakan dan laguna laguna cantik. Tapi untuk masuk ke dalamnya kalian harus mengurus surat izin terlebih dahulu di pos yang ada di pantai sendang biru. Sebagai warga yang taat pada hukum yang ditetapkan pemerintah, taati yah :) jangan asal masuk, itu semua ditujukan untuk kebaikan kita juga.

Kami sendiri tidak memilih masuk ke dalam Pulau, yah selain medan yang ekstrem, sepertinya tubuh saya tidak mampu berjalan kaki selama 3 jam untuk menuju segara anakan x_x walau dari foto yang saya dapat di halaman google sangat memukau, tapi saya tidak yakin saya bisa melihat tempat itu langsung. kecuali  jika telah disediakan kendaraan seperti kuda untuk menuju kesana :p LOL

Pantai sendang biru dan pulau sempu sendiri berbatasan dengan Samudra Hindia








Pulau yang begitu indah, sepi, berpasir putih dan air yang jernih. Serasa berada di pulau pribadi ^^
Sangat nyaman bagi saya yang tidak suka keramaian.



Dan, saya tidak sanggup lagi untuk menuliskan betapa indahnya ciptaan Allaah ini. Jika di dunia saja ada tempat seindah ini, bagaimana lagi dengan Surga ??? Yang kiranya keindahannya tak mampu kita bayangkan dengan pikiran kita, atau kita dengar dengan telinga kita, atau terlintas di hati-hati kita, karena keindahannya hanya khusus bagi para penghuni Surga. T.T






Saya sangat suka main air & pasir :p




Dan, akhirnya kami harus pulang... Indah bukan pulau ini, saya berharap saya bisa mengunjungi pulau ini lagi suatu saat nanti -bi idznillaah-
Dan, tetaplah menjaga kebersihan jika berkunjung kesini. Jangan membuang sampah sembarangan supaya tetap elok ketika kita berkunjung kembali kesana.


Note : 
Semua foto yang saya cantumkan adalah asli dari jepretan kamera saya dan kamera sahabat saya. Foto tersebut tidak mengalami pengeditan efek sama sekali. Saya tampilkan apa adanya sesuai yang saya dapat. Dan, tempat itu memang sangatlah indah, dan lebih indah dari yang hanya tampak di foto.

Untukmu kawan-kawanku, saya merindukan kalian, semoga kita dapat berjumpa kembali, dan mengunjungi pulau ini lagi yaa .. :')
Dan untuk'mu', telah saya tulis perjalanan ini, dan beginilah hasilnya. Saya memang tidak pandai bercerita dan menulis yah, hix.. 
semoga 'kamu' bisa memahami apa yang saya tulis dan semoga kita bisa main kesana bersama.. ^^

Related Post :

0 komentar:

Post a Comment