Saturday 25 October 2014

Bagaimana Seharusnya Lelaki Shalih Memperlakukan Istrinya?


Al Hasan bin Ali Rahimahullah pernah berkata kepada seorang laki-laki:
"Nikahkanlah putrimu dengan laki-laki yang bertaqwa. Sebab jika laki-laki itu mencintainya, maka ia akan memuliakannya. Dan jika tidak menyukainya, maka ia tidak akan menzhaliminya."
Laki-laki yang memiliki keistimewaan karena keshalihan dan akhlaknya, tentu mengetahui hukum-hukum Allah tentang bagaimana memperlakukan istri, berbuat baik kepadanya, menjaga diri dan agamanya..
Tidak menyuruhnya tabarruj dan bepergian, tidak menyuruhnya bergaul dengan kaum laki-laki.. Tetapi ia meletakkannya di atas manhaj Nabi Shalallaahu Alaihi wa Sallam.
Jika ia merasa ada kekurangan pada diri istrinya, maka ia akan mengingat sabda Nabi,
"Berkehendaklah yang baik terhadap wanita.."
Ia akan mencari mana yang terbaik, lalu memperlakukan istrinya dengan cara yang baik. Jika ia merasa ada kekurangan pada diri istrinya, lalu ia tidak menyukainya, maka ia segera mengingat sabda Beliau..
"Janganlah seorang Mukmin laki-laki membenci Mukminah. Jika ia tidak menyukai sebagian akhlaknya, tentu ia meridhai akhlaknya yang lain."
Dengan begitu ia akan mampu menguasai gejolak di dalam dirinya dan bisa menerima kekurangan isterinya. Akhirnya mereka berdua menjadi pasangan yang berbahagia, bernaung di atap rumah tangga yang memancarkan kebahagian dan kebaikan.

[Dari buku ‘Bagaimana Menjadi Istri Sholihah dan Ibu yang Sukses’, Ummu Ibrahim Ilham Muhammad Ibrahim, Darul Falah] 

~Chynatic~

Related Post :

0 komentar:

Post a Comment