Friday 25 January 2013

Jangan Tertipu

Hasan al-Bashri rahimahullah menasihati sebagian muridnya dan menperingatkan mereka untuk menghindari rasa puas (terhadap diri sendiri). Beliau berkata:

1. Jangan pedaya dirimu dan menjadi sangat puas karena berada pada lingkungan yang baik (shalih), karena tidak ada tempat yang lebih baik dari Surga, dan bapak kita Adam alaihis salam mengalami apa yang kita semua mengetahuinya.

2. Jangan merasa puas hanya karena engkau sering beribadah, ingatlah apa yang tejadi pada iblis setelah menghabiskan banyak waktu untuk beribadah.

3. Jangan merasa dirimu besar karena telah bertemu dengan orang-orang yang shalih, karena tidak ada orang yang lebih shalih dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, akan tetapi kaum musyrikin dan orang-orang munafik tidak mendapatkan manfaat hanya dengan mengenal beliau.

* * *

Terjemahan bebas dari Al-Lu’lu’ al-Mantsur - Gems & Jewels; Wise Sayings, Interesting Events and Moral Lessons from Islamic History. Compiled by Abdul Malik Mujahid, Penerbit Darussalam, hal. 182. (sumber kitab asli tidak tercantum)
Sumber : A Learning Page

Related Post :

0 komentar:

Post a Comment